Masa Depan Pendidikan Indonesia

November 2019
Indonesia University of Education, Setiabudi, Indonesia

Suasana masih sepi di hall gedung Fakultas Pendidikan Ilmu Komputer. Meskipun perkuliahan dimulai pukul 10, biasanya mahasiswa ilkom sudah pada berkumpul di hall atau di kantin, sekedar mencari koneksi internet ataupun yang mengejar deadline pengumpulan tugas :). Banyak hal berubah disini, terutama sejak dibuat standar operasional laboratorium yang mewajibkan setiap laboratorium untuk melakukan penelitian mandiri. Bagaimana tidak, sekarang UPI sudah menjadi pusat pengembangan teknologi pendidikan internasional, International Education Development Center – IEDC ™ :). Menyedot jutaan calon mahasiswa tiap tahunnya di penjuru dunia dengan hanya 200 kursi tersedia.

Terbangun dan kembali ke dunia nyata, Indonesia memang sempat menjadi inspirasi di asia tenggara namun hal ini tidak berlangsung lama, terlalu terlena dengan alias “Macan Asia”. Kejadian diatas mungkin saja terjadi di Universitas Pendidikan Indonesia, ditambah lagi dengan dibukanya program studi ilmu komputer sejak tahun 2005, sebuah bukti bahwa UPI sadar akan pentingnya teknologi komputer dalam pendidikan.
Namun hal ini kelihatannya belum cukup, karena teknologi tidak berkembang karena keberadaan fasilitas, tapi harus juga didukung dengan SDM yang berkualitas, rasa penasaran, dan implementasi yang berkelanjutan (progressive implementation). Dalam kasus ini semua pihak civitas akademika tentu terlibat, dimulai dari mahasiswa, dosen juga staff akademis maupun staff teknis universitas.
Mahasiswa dengan kemampuan untuk mencari dan menghargai informasi di internet tentu akan meningkatkan mutu perkuliahan, karena ilmu yang didapatkan dapat dibandingkan dengan ilmu yang beredar di internet (konvensi internasional). Dosen yang dapat menggunakan teknologi informasi bisa lebih diakui keberadaannya dengan posting hasil penelitian maupun karya tulisnya di internet. Staff akademis universitas dapat meningkatkan produktivitas bekerja bila dapat memanfaatkan teknologi ini dengan baik, begitu juga dengan staff teknis yang minimalnya akan memiliki nilai lebih kehidupan dengan ilmu tambahan yang mereka miliki.
[harapan]
Program studi juga (ilmu komputer dan pendidikan ilmu komputer) baiknya memulai mengeluarkan inovasi pembelajaran yang berlaku di perkuliahan, tentunya ini harus dengan dukungan dosen-dosen yang berkualitas dan berkomitmen untuk kemajuan universitas, ditambah lagi dengan mahasiswa yang selalu haus akan ilmu baru, mengingat ranah teknologi yang kita dalami selalu berubah dan bertambah tiap menitnya. Ketergantungan pada suatu tool (bahasa pemrograman, teknologi maupun paket bundel instalasi) sudah jelas bukan hal yang baik.
~ dan (kurang lebih) standar pendidikan internasional-pun akan segera diraih UPI 🙂

Iklan

2 thoughts on “Masa Depan Pendidikan Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s