Menulis Blog Lewat Google Docs

Terkadang saya menulis di blog secara langsung karena memang lebih praktis, namun hal ini menyebabkan data tulisan saya tidak tersimpan pada media apapun selain web. Hal ini juga menyebabkan dokumen sulit untuk diedit secara manual(maksudnya harus dengan masuk ke blog yang bersangkutan). Bagi yang sudah mengenal Google Docs , masalah seperti itu dapat diselesaikan dengan fitur ‘publish as web page’ yang terdapat pada menu Share.
Dimulai dari pertama mengakses google docs, 

dengan pilihan untuk membuat dokumen baru, atau melakukan edit terhadap dokumen yang sudah ada (tentunya pilih file yang akan di posting)
lalu klik menu share dan pilih ‘Publish as web page…’,
dan kemudian kita akan dibawa ke halaman baru (Publish this document)
di tampilan ini kita mengubah setting dari blog yang kita gunakan, dalam kasus ini karena saya menggunakan layanan blog gratis dari wordpress.com, maka saya menggunakan Hosted provider > WordPress.com (yang lainpun bisa digunakan, bahkan server sendiri pun bisa digunakan)
setelah itu, jangan lupa isi username dan password dari blog kita.. dan klik ok jika sudah yakin…
setelah blog site settings diisi dengan benar, kita dapat meng-klik ‘Post to blog’, dan muncul konfirmasi.. ok

setelah konfirmasi selesai, dan google docs mengirim dokumen tersebut ke blog kita, artinya blog sudah terkirim.. dan

–untuk post ulang (re-post) atau menghapus post tersebut juga bisa dilakukan di google docs..
selamat mencoba…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s