Microsoft Dreamspark untuk Mahasiswa

Microsoft Indonesia telah mencanangkan program DreamSpark untuk mahasiswa. DreamSpark sendiri merupakan bantuan software gratis dari Microsoft untuk mahasiswa agar dapat digunakan untuk pengembangan pengetahuan khususnya di bidang yang berhubungan dengan IT. Seperti yang disampaikan oleh Republika Online, beberapa universitas yang siap mengimplementasikan program ini dalam waktu dekat diantaranya adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (ITS), Universitas Atma Jaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Gunadarma, Universitas MaChung, Universitas Pelita Harapan (UPH), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Bina Nusantara (BINUS), Universitas Brawijaya (UNBRAW), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Parahyangan (UNPAR).

Microsoft DreamSpark saat ini telah menyediakan beberapa software gratis untuk di-download, diantaranya Visual Studio 2008 Professional, Visual Studio 2005 Professional, Windows Server 2003 Standard, SQL Server 2005 Developer, Expression Studio, dan XNA Game Studio (lihat daftarnya). Namun itu tadi, sebelum bisa mengakses download tersebut kita harus terdaftar terlebih dahulu di MSNLive, dan mengisi form pendaftaran (apabila universitas telah terdaftar), selain itu karena paket yang disediakan hanya dalam bentuk download dan berkapasitas besar, pendownload perlu memiliki bandwith yang besar juga.

Ini merupakan salah satu terobosan Microsoft dalam pendidikan, khususnya pendidikan di perguruan tinggi, tapi dengan terbatasnya (untuk saat ini) universitas yang terdaftar, agaknya sedikit disayangkan.

catatan: (note dari penulis)

Universitas Pendidikan Indonesia tidak terdaftar. (sayang sekali, padahal banyak aplikasi pendukung pendidikan yang bisa dikembangkan disini; ditambah dengan hadirnya jurusan ilmu komputer – sejak 2005)

Iklan

4 thoughts on “Microsoft Dreamspark untuk Mahasiswa”

  1. @krisna febrianto:

    yah, semoga saja UPI bisa berpartisipasi,
    kan bisa untuk membuat media pembelajaran tuh,
    boleh, VS2008Express-nya ada, sama MSDN2008Express, tapi referensi-nya masih kurang nih,,
    boleh, bawa aja DVD, cukup ko’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s