Lampu Lalu Lintas vs Listrik :: Efektifkah??

PT PLN persero beberapa waktu yang lalu menyebutkan bahwa penggunaan listrik pada sektor jalan, untuk lampu lalu lintas sangatlah tinggi. Namun pada kenyataannya masih banyak lampu lalu-lintas yang ‘tidak semestinya’ dinyalakan, disana sudah tertulis “belok kiri jalan terus”/”lurus jalan terus”, sedangkan lampunya masih tetap dalam keadaan menyala (dan berubah warna merah…hijau…kuning) , hal ini juga mestinya menjadi ‘perhitungan’ PLN.
Kejadian ini terjadi ‘hampir’ setiap hari di jalur yang selalu saya lewati, yaitu di jalan setiabudi, dan yang satu lagi di jalan simpang. Bukankan hal ini hanya menghamburkan listrik?, dengan ini saja PLN ‘bagi saya’ tidak terlihat serius dalam ‘katakan saja’ menghemat BBM yang makin sini makin sulit didapat.
Nah, hal lain terjadi di jalan pahlawan.., lampu yang akhir-akhir ini sering padam dan digantikan fungsinya oleh 2-3 orang polisi (lho, kenapa tidak 4 sekalian?, kan disitu ada 4 arah,,,). Saya tidak juga mengerti alasan mengapa lampu disana juga ‘suka’ mati. Padahal dengan digantikan oleh polisi, ke-efektifan-nya berkurang drastis, “bagi saya, siapa yang bisa melihat polisi yang terhalang oleh mobil”, jadi otomatis, ketertiban berkurang dan akhirnya terjadilah macet yang nama kerennya traffic jam.
Bukankah jika lampu yang ‘seharusnya’ dimatikan itu ‘benar’ mati, kemungkinan besar akan dapat menanggulangi ‘kekacauan’ persediaan listrik, yaa minimal di sektor itu juga, sehingga pemadaman lampu (khususnya lalu lintas) tidak perlu terjadi di daerah rawan macet seperti jalan pahlawan itu.
Ekstrimnya sih, pecahkan saja lampunya, biar ramai, biar mengaduh sampai gaduh,, dan akhirnya dibawa ke kantor polisi karena telah merusak fasilitas umum…
Tapi bagaimanapun caranya, solusi yang satu ini mungkin berguna,,
AYO HEMAT PEMAKAIAN LISTRIK, SELAMATKAN LINGKUNGAN,, SELAMATKAN DUNIA KITA!!
HEMAT ENERGI, HEMAT BIAYA…

Iklan

2 thoughts on “Lampu Lalu Lintas vs Listrik :: Efektifkah??”

  1. ya, indonesia lagi krisis energi.dimana-mana macet…
    khususnya bandung, lebih-lebih jalan setia budi,uhhh macet gila…

    ya terkadang keefektifan itu jadi ga berarti ketika ada elemen funsi yang tak sinkron…*maksudnya* (kan judulnya efektif atau tidak kan?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s