Shared Object di Flash

Tadi saya baru buka help yang tersedia di Flash, khususnya bagian actionscript, ternyata selain dapat membuat animasi bergerak(secara langsung) lewat actionscript, kita juga bisa membuat semacam tempat penyimpanan (memori) untuk aplikasi Flash yang kita buat. Ya, ini cukup menjelaskan tentang aplikasi-aplikasi Flash seperti ‘metro diary’, si diary merah yang isinya dapat berubah sesuai user yang kita gunakan. Ternyata yang digunakan disini adalah objek ‘Shared Object’. Jadi disini akan dijelaskan sedikit tentang yang satu ini sekaligus dengan contoh sederhananya…

Ternyata, Flash ini punya banyak fitur juga ya,,

Ini potongan dari Help-nya

“The SharedObject class is used to read and store limited amounts of data on a user’s computer. Shared objects offer real-time data sharing between objects that are persistent on the user’s computer. Local shared objects are similar to browser cookies.”

Kurang lebih artinya: Class SharedObject digunakan untuk membaca dan menyimpan sejumlah data (terbatas) di komputer pengguna. Shared object memberikan pertukaran data antar objek secara real-time yang persisten(tetap) di komputer pengguna. Shared object lokal mirip dengan cookies pada browser.

Nah, dari artinya itu sekarang kita tahu bahwa data disimpan secara lokal di harddisk, secara teknis tempatnya di “c:\Documents and Settings\[nama_user] \Application Data\Macromedia\Flash Player\#SharedObjects\”(ini di windows xp, di windows nt mungkin serupa, tapi kalau di win9x saya belum coba)

Untuk mencobanya, ayo kita coba actionscript yang terdapat di help Flash 8 ini (ok, dengan sedikit modifikasi tentunya),

// deklarasi variabel

var items_array:Array = new Array(101, 346, 483);

var currentUserIsAdmin:Boolean = true;

var currentUserName:String = “khalifavi”;

// deklarasi objek

var my_so:SharedObject = SharedObject.getLocal(“tes_sharedobject”, “/”);

// inisialisasi data objek dengan nilai dari variabel

my_so.data.itemNumbers = items_array;

my_so.data.adminPrivileges = currentUserIsAdmin;

my_so.data.userName = currentUserName;

nah ini dia yang dimaksud dengan penyimpanan

, baris var adalah deklarasi dan inisialisasi variabel, disini dicoba beberapa jenis variabel yaitu array, boolean, dan string…

, baris var my_so,,, adalah deklarasi shared object, ini diperlukan(penting!!, mana bisa menggunakan kalau sebelumnya tidak dibuat terlebih dahulu)[1].

, baris selanjutnya ‘my_so.data.itemNumbers = items_array;’, adalah ekspresi memasukan nilai ke shared object secara permanen[2]

apabila kode tersebut dijalankan, maka akan terdapat satu file baru setelah movie tersebut di-save, di-run, dan file tersebut akan muncul setelah movie di-close[3]

note:

[1]fungsi getLocal memiliki sintaks getLocal(sharedobject[, path, secured]), {dimana sharedobject:String adalah nama file shared object yang akan kita buat, path:String adalah direktori penyimpanan sharedobject(secara relatif), dan secured:Boolean adalah status penggunaan pengiriman lewat HTTPS, yang ini sebenarnya opsional, kurang jelas??, lebih jelasnya ada di help Flash}

[2]maksudnya permanen disini adalah shared object akan tetap ada(ditulis ke file) meskipun setelah movie di-close. Bisa dibuat ‘semacam’ volatile dengan tidak menuliskan data(contoh: daripada menulis ‘my_so.data.itemNumbers = items_array;’, gunakan saja ‘my_so.itemNumbers = items_array;’) hal ini sangat berguna jika kita menginginkan sharedobject untuk ada hanya pada saat movie dijalankan [lihat ilustrasi di contoh]

[3]data bisa saja disimpan langsung(tanpa harus di-close) dengan menambahkan baris ‘my_so.flush()’ di akhir kode

disini saya sertakan juga file contoh (dalam format Flash 8)

isi dari contoh.zip:::

namaFile(tipe; penjelasan)

ref_so.html(HTML Document; file referensi beberapa fungsi yang berhubungan dengan sharedObject, ini dikutip dari Flash 8 Help)

gambar#.jpg(JPG Graphic; beberapa file gambar, merupakan penjelasan visual dari dokumen ref_so.html)

data.fla(Flash Document; fileFlash percobaan dalam menggunakan ‘data’ [non-volatile]/tidak menggunakan ‘data'[volatile])

flush.fla(Flash Document; file Flash percobaan menggunakan fungsi flush)

penjelasan.html(HTML Document; file yang menerangkan tentang isi contoh)

Iklan

8 thoughts on “Shared Object di Flash”

  1. @y1412f:
    bukan lulumpatan ini mah,, bingung mw posting apa,, kebetulan lagi pengen nulis, jadi weh,, kebetulan saya juga lagi belajar ini, langsung aja saya salin apa yang ada di otak,.. tunggu aja, lagi dibuat yang lebih serius…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s