Dengan Ubuntu Bisa???

beberapa minggu yang lalu, saya mencoba menginstall ubuntu (hardy heron 8.04) di laptop, karena saya memang orang ilmu komputer, dan harus mencoba segala teknologi yang ada, terutama yang gratisan (akhirnya saya beralih juga ke opensource software). masalahnya sejak pertama kali punya komputer, dulu waktu tahun 1997, yang saya pakai adalah [win]dows 95.. jadi mungkin yang ingin saya sampaikan disini adalah saya memerlukan beberapa penyesuaian dalam peralihan ke ubuntu ini.

setelah lama mencoba dan terus mencoba, ternyata ubuntu ini segala bisa, meskipun saat ini ada yang belum dapat saya kuasai, yaitu desain grafis di ubuntu. di [win]dows saya biasa menggunakan photoshop, corelDRAW, paintshop, juga kadang2 flash, fireworks yang semuanya jauh dari kata gratisan… dan di ubuntu, saya belum bisa menemukan pengganti dari software2 tersebut. (dengan kata lain: butuh lebih banyak penyesuaian)

yah, di laptop ini juga belum murni menggunakan ubuntu, alias masih tertanam dual boot dengan [win]dows meskipun disadari bahwa saya menggunakan software berlinsensi palsu (baca: bajakan).

dilihat-lihat lagi, ternyata (linux)ubuntu itu bisa:

1. baca flashdisk, otomatis mount dan langsung ada di desktop
2. browsingan dengan sedikit konfigurasi(atau malah tanpa konfigurasi sama sekali) mau wireless ataupun wired
3. terus keitung gampang kalo mau ng-install aplikasi lain di luar paket, hanya dengan menggunakan synaptic(sangat mudah jika kita terhubung dengan internet/atau punya repository-nya)
4. main mp3 (pada awalnya sih ga bisa, tapi coba download restricted packagenya yang gstreamer-ugly)
5. tampilan awalnya sangat sederhana (gnome), dekstop-nya bisa ada banyak (awalnya ada 2, tapi bisa dengan mudah ditambah dengan cara klik kanan di workspace switcher, dan tambah columnnya sesuka hati), dan bisa ditambah lagi..
6. dia bisa membaca filesystem windows (fat32, atau ntfs) dengan kemampuan untuk membaca-tulis vfat dan ntfs(pake ntfs-3g)
7. juga saya suka fitur animasi desktop-nya compiz (vista aja kalah masalah stabilitas sama resourcenya (itumah menurut saya))
8. dan yang paling penting, karena gratisan, bisa dikopi dan di-install di komputer x386 mana aja

duuh, senangnya…

yah, yah, yah…

2 thoughts on “Dengan Ubuntu Bisa???”

Tinggalkan Balasan

